Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

Responsive Advertisement

Konfigurasi Hotspot Mikrotik

 Assalamualaikum Wr.Wb  

Hallo Sahabat ... Apa kabar kalian semua? Saya harap kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai "Konfigurasi Hotspot Mikrotik". Disini saya melakukan konfigurasi mikrotik RB951. 

Sebelum melakukan konfigurasi Hotspot Mikrotik pastikan kita sudah melakukan konfigurasi basic-nya terlebih dahulu.


Jika sudah melakukan Konfigurasi Basic Mikrotik, sekarang langsung saja kita mulai untuk Konfigurasi Hotspot nya.

1. Pertama-tama kita aktifkan interface dari wlan. Caranya dengan masuk ke menu Interface > lalu klik pada interface wlan1 > pilih tanda centang (enable).


2. Setelah interface wlan aktif, sekarang kita klik 2x pada interface wlan1. kita perlu mengubah mode menjadi ap bridge. Kemudian atur SSID sesuai keinginan kita masing-masing.


3. Selanjutnya kita atur IP untuk interface wlan kita. Caranya dengan masuk ke menu IP > Addresses > (+) klik icon tambah > lalu masukkan IP dengan interface wlan1, disini saya menggunakan IP Address 192.168.200.1/24. Jika sudah klik Apply dan OK.


4. Setelah itu, masuk ke menu IP > DHCP Server > Hotspot Setup > pilih interface wlan1.


5. Setelah itu kita klik Next sampai konfigurasi berhasil.
 

6. Kemudian kita msuk ke menu IP > Hotspot > Hotspot Setup, lalu pilih Hotspot interface sebagai wlan1.


7. Selanjutnya masukkan IP Address Gateway untuk Hostpot kita nantinya.


8. Setelah itu kita atur IP Pool untuk IP Address kita nantinya, disini saya menggunakan IP Pool default dari Mikrotik.


9. Selanjutnya kita akan diminta untuk menentukan SSL Certifikate. Disini saya memilih none, karena saya tidak memakai Certifikate.


10. Kemudian kita akan diminta untuk memasukkan SMPT Server, karena saya tidak memilikinya jadi saya biarkan default-nya saja yaitu 0.0.0.0.


11. Pada jendela berikut, kita diminta untuk memasukkan DNS Google yaitu 8.8.8.8 atau 8.8.4.4.


12. Kemudian masukkan DNS Name untuk nama Hotspot kita nantinya. Disini kita bisa memberi nama sesuai keinginan kita, contohnya saya memberikan nama menggunakan nama saya yaitu ridwan.net.


13. Setelah itu, kita akan diminta untuk memasukkan Hotspot User dan Password yang nantinya akan digunakan untuk login ke Hotspot kita. 


Dan konfigurasi Hotspot kita sudah selesai.

14. Setelah konfigurasi Hotspot Mikrotik selesai, sekarang kita coba cek apakah wifi kita sudah ada. Jika sudah ada berarti konfigurasi kita sudah selesai. 
15. Agar kita bisa menggunakan jaringan yang sudah kita atur kita harus login ke WebBrowser, lalu masukkan perintah sesuai DNS kita sebelumnya, disini saya menggunakan ridwan.net. Jika sudah kita akan diminta untuk memasukkan Hostpot User dan Password, lalu kita klik conect dan wifi akan tersambung secara otomatis.


16. Setelah berhasil login dan tersambung dengan wifi, sekarang kita coba untuk membuka youtube :)


Nah, itu tadi adalah Langkah-Langkah Konfigurasi Hotspot Mikrotik, untuk pembahasan artikel selanjutnya anda bisa terus mengikuti blog saya.

MUDAH-MUDAHAN dapat bermanfaat AMIIIIIIIINN!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb


Posting Komentar

0 Komentar